Senin, 01 Maret 2010

Apa Sih Enaknya Jadi Plagiat?


By : Asryni Mukti W
Plagiat..Menjiplak, mencontoh, copy paste karya orang lain..Cara instan supaya bisa cepat selesai dan cara instan pula untuk kemunduran moral.
Plagiat sekarang ini sudah mengakar budaya di ranah pendidikan karena tanpa kita sadari sejak SD pun kita terbawa oleh lingkungan yang menjadikan kita plagiat sejati contohnya saat kita dengan teman-teman belajar kelompok untuk mengerjakan pekerjaan rumah, hanya satu orang yang benar-benar mengerjakan dan kalau sudah selesai yang lain tinggal menyalin dan sebagainya..Judulnya memang kerja kelompok tapi sama saja yang mengerjakan tanpa menjadi seorang plagiat hanya satu.
Memang lebih cepat untuk selesai dan sama saja hasilnya, dan mungkin sama pintarnya karena kita belajar lagi setelah menyalin, tapi dari situ kita memiliki kebiasaan yaitu mengandalkan orang lain dan hilangnya rasa percaya diri yang beranggapan kalau kita tidak mampu menciptakan sesuatu yang murni hasil kita sendiri.
Kasihan orang yang sudah mengorbankan semuanya yang di contoh karyanya, apalagi kalau yang mencontoh lebih terkenal dari yang asli. Memang apa sih enaknya mencontoh orang lain?Bukanya lebih puas dan lebih bangga jika karya yang diakui orang lain itu murni karya kita sendiri?
Kembali pada pribadi masing-masing, bisakah kita menjadi pribadi yang berkualitas tanpa harus mencontoh karya orang lain..Menjadi pribadi yang yakin kalau kita bisa sukses seperti orang lain tanpa menjadi orang lain.

1 komentar: